Assalamualaikum Wr, Wb.
Salam Zona IT
Gimana kabarnya semua? Semoga selalui diberikan kesehatan agar dapat mnjalankan aktivitas nya. Pada postingan kali ini kita tidak akan bahas konfig/review protocol, Melainkan saya ingin berbagi pengalaman sebagai Network Operation Center (NOC) selama ini.
Salam Zona IT
Gimana kabarnya semua? Semoga selalui diberikan kesehatan agar dapat mnjalankan aktivitas nya. Pada postingan kali ini kita tidak akan bahas konfig/review protocol, Melainkan saya ingin berbagi pengalaman sebagai Network Operation Center (NOC) selama ini.
Sebelumnya apa itu NOC ?
Network Operation Center adalah salah satu profesi dibidang IT yang melakukan Monitoring dan Troubleshooting terhadap infrastruktur jaringan yang divisualisasikan dengan software-software monitoring seperti The Dude, Zabbix, Dan software monitoring lainnya.
Dimana dengan software tersebut kita dapat melihat bagaimana lalu lintas jaringan pada infrasturcture berjalan. Karena ranah NOC adalah Operation maka tidak hanya berhubungan dengan jaringan komputer saja melainkan akan berhubungan langsung juga dengan para pelanggan.
NOC memiliki peranan penting dalam menginformasikan status layanan pelanggan baik dari email, telpn, chat, dan platform yang digunakan oleh perusahaan kepada pelanggan dan memastikan layanan aktif 24x7 dengan tujuan meminimalisir terjadinya gangguan ataupun downtime dan memaksimalkan SLA (Service Level Aggrement) yang diberikan kepada pelanggan.
Bagaimana cara agar bisa menjadi NOC ?
Tentunya hal yang pertama kali harus dikuasai adalah dasar-dasar dalam jaringan komputer, Seperti TCP/IP, IP Address, dan teknik dasar seperti Routing & Switching. Dulu saya belajar di SMK jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan sembari mengikuti training-training ketika ada kesempatan dan waktu luang.
Tentunya hal yang pertama kali harus dikuasai adalah dasar-dasar dalam jaringan komputer, Seperti TCP/IP, IP Address, dan teknik dasar seperti Routing & Switching. Dulu saya belajar di SMK jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan sembari mengikuti training-training ketika ada kesempatan dan waktu luang.
Sharing Pengalaman menjadi NOC
Setelah menekuni sebagai NOC selama 5 bulan ini, banyak sekali hal-hal baru yang saya pelajari baik secara teknis ataupun non teknis. Pada hari pertama saya bergabung sebagai NOC di salah satu perusahaan ISP di Karawang yaitu PT. Lintas Jaringan Nusantara hal yang pertama saya ingin ketahui adalah bagaimana cara kerja sebagai NOC, Mulai dari menangani complain pelanggan, Kemudian topologi infrastructure jaringan yang digunakan sampai apa yang harus dilakukan ketika link mengalami gangguan, Meskipun pada awal itu saya tidak banyak menanya kepada senior-senoir.
Pada hari pertama, tidak banyak yang saya lakukan bertanya pada senior disana mengenai hal-hal teknis sampai budaya perusahaan dan hanya memperhatikan senior serta mencatat hal-hal penting yang perlu saya ketahui ketika sudah sampai kost. Setelah 2-3 Bulan saya didampingi oleh senior dan mempelajari cara menangani pelanggan dan hal-hal teknis yang baru saya temui, Kemudian saya pun diizinkan melakukan monitoring sendiri serta mulai diberlakukan jam kerja shift dan Meskipun itu saya juga sering meminta bantuan kepada senior saya.
Hari pertama saya melakukan monitoring terdahap infrastructure jaringan sendiri, Ini cukup mengerikan untuk saya sejujurnya. Saya hanya mencoba memaksimalkan hal-hal yang sudah saya pelajari selama ini ditambah dengan wawasan budaya yang saya ketahui selama 2-3 bulan sebelumnya.
Alhasil dengan bantuan senior yang menjawab pertanyaan ketika ada hal-hal yang tidak saya ketahui, Saya dapat menjalankan monitoring dan troubleshooting. Hingga akhirnya dilepas sendiri pun saya masih mencoba untuk selalu bertanya dan men eskalasikan terdahap hal-hal yang belum saya ketahui.
Setelah beberapa bulan berlalu banyak sekali duka yang dilalui, Ditambah dengan jam kerja shift diharuskan untuk menyampaikan gangguan pending, done, on progress kepada rekan shift yang lain.
Memiliki ruang dan monitor sendiri ini sangat seru untuk saya pribadi, Bisa nonton anime dan baca manga misalnya :v
Dalam menerima complain, saya dapat mempelajari hal baru seperti komunikasi yang baik dengan pelanggan, Membuat laporan dan ticketing serta bagaimana menyampaikan informasi secara jelas dan efisien, Meskipun itu saya juga sering membuat kesalahan lalu di tegur dengan senior saya :v
Sampai saat tulisan ini dibuat pun saya masih menjadi bagian dari team NOC, Meskipun saat ini sedang shift dan saya juga sedang gabut :v
Hal penting menurut saya dalam menjalani pekerjaan tersebut adalah bertanya, Bukan sebagai NOC saja melainkan dalam banyak bidang yang lain. Dan ada baiknya jadilah seperti gelas kosong agar dapat menyerap hal-hal yang baru. Jika kalian sudah tahu pun tidak ada salah nya untuk menjadi gelas kosong ketika baru bertemu dengan suatu hal, Jangan seperti saya yang enggan menanya karena malu dan juga tak pandai berinteraksi yahh semuanya :)
Mungkin sekian sharing pengalaman saya selama menjadi NOC di salah satu ISP di Karawang, Saya sangat menghargai kesempatan yang diberikan terhadap diri saya.
Saya sadar masih banyak kekurangan dan kelemahan yang harus saya perbaiki, Terimakasih atas support dan ilmu yang telah diberikan selama ini, Semoga saya bisa berkembang terus dengan ilmu yang berikan kepada senior-senior.
Itu saja yang bisa saya sampaikan, Terimakasih telah membaca pengalaman saya dan untuk para punggawa NOC LJN, Pak Alfar, Pak Budi, Bang Ricky, Bang Sahrul, Bang Yuma, Mas Dimas, Mas Sonny, Sekali lagi saya berterimakasih dengan ilmu yang saya dapatkan, semoga dengan Ilmu ini dapat merubah masa depan maupun jalan pikiran saya sendiri :)
Good luck NOC LJN.
Best Regards,
Aris Toteles
“The important thing is not to stop questioning. Curiosity has its own reason for existing.”
- Einstein
Aris Toteles
“The important thing is not to stop questioning. Curiosity has its own reason for existing.”
- Einstein
0 Response to " Sharing Pengalaman Sebagai NOC (Network Operation Center)"
Posting Komentar